Cara mudah Meyelesaikan Perkalian Bilangan dua Digit

Semangat dalam belajar matematika dan jangan pernah mengeluh dengan kesulitan matematika. Sebenernya matematika itu bukan mata pelajaran yang sulit, namun matematika adalah salah satu mata pelajaran yang membutuhkan ketekunan, keuletan dan juga ketelitian dalam mengerjakan setian soal – soal matematika. nah disini teman – teman akan menemukan rangkuman beserta penjelasan soal matematika yang sedang teman -teman cari selama ini. pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Cara mudah Meyelesaikan Perkalian Bilangan dua Digit

Pelajaran perkalian untuk kelas 2 SD adalah perkalian dasar satu digit yang masih bisa dikatakan mudah dan rata-rata anak sudah hampir menguasainya misalnya 4 x 5. Selanjutnya anak dikenalkan perkalian dua digit dengan satu digit angka misalnya 12 x 8. Dan ketika anak duduk di bangku kelas 3 maka pelajaran perkalian pun ditingkatkan lagi menjadi perkalian dua digit yaitu dengan mengalikan digit-digit pada angka pertama dengan digit satuan angka kedua, kemudian mengalikan digit-digit pada angka pertama dengan digit puluhan angka kedua, dan kemudian menjumlahkan hasil perkalian keduanya.

images-4-1 Cara mudah Meyelesaikan Perkalian Bilangan dua Digit

Pernahkah anda berpikir bagaimana cara mengajari anak perkalian dengan mudah? Perkalian dua digit biasanya berupa perkalian susun yang merupakan konsep berhitung. Banyak anak yang merasa bingung ketika menghadapi soal-soal perkalian dua digit. Jika anda ingin mengetahui cara menguasai proses menghitung perkalian dua digit dengan cepat dan mudah, lihatlah langkah-langkah berikut untuk memulai.

Langkah-langkah Menghitung Perkalian Dua Digit

Pertama-tama, tuliskan angka yang akan dikalikan. Karena perkalian yang dibahas adalah dua digit, sehingga angka yang dikalikan terdiri dari puluhan dan satuan misalnya 56 x 34. Buatlah metode perkalian susun dengan menuliskan angka 56 di atas angka 34 dengan tanda perkalian (x) di sebelah kanan garis di bawah angka 34.

Pada contoh soal, bilangan 56 berdasarkan nilai tempat maka angka 5 (depan) menempati tempat puluhan dan angka 6 (belakang) menempati tempat satuan sedangkan bilangan 34 maka angka 3 (depan) menempati tempat puluhan dan angka 4 (belakang) menempati tempat satuan. Berikut ini adalah gambar langkah-langkah perkalian dua digit dan uraian penjelasannya ada di bawah gambar.

 

Setelah angka yang akan dikalikan sudah ditulis secara susun, selanjutnya kalikan angka satuan dari angka yang di bawah dengan kedua digit angka yang di  atas. Angka “4” adalah angka tempat satuan dari angka 34. Agar tidak bingung, tutup puluhan (angka depan) yang di bawah dengan jari telunjuk.

Pertama, kalikan 4 dengan angka tempat satuan dari angka yang atas 56, yaitu 6, sehingga menghasilkan 24 (4 x 6 = 24). Tulislah “4” (satuan) di bawah garis, sedangkan angka “2” (puluhan) disimpan.

Kemudian, lakukan hal yang sama dengan angka tempat puluhan dari 56, yaitu 5. Kalikan 4 dengan angka tempat puluhan dari angka yang atas 56 yaitu 5, sehingga menghasilkan 20 (4 x 5 =  20). Pada langkah ini masih belum selesai karena kita harus menambahkan dengan angka “2” (simpanan) dan hasilnya adalah 20 + 2 = 22 dan langsung ditulis di depan angka “4”. Dan hasil perkalian pertama yaitu 224.

Langkah selanjutnya yaitu mengalikan angka puluhan dari angka yang di bawah dengan kedua digit angka yang di  atas. Angka “3” adalah angka tempat puluhan dari angka 34. Agar tidak bingung, tutup satuan (angka belakang) yang di bawah dengan jari telunjuk.

Pertama, kalikan 3 dengan angka tempat satuan dari angka yang atas 56, yaitu 6, sehingga menghasilkan 18 (3 x 6 = 18). Tulislah “8” (satuan) di bawah hasil perkalian pertama. Cara menulisnya dengan maju satu digit sehingga yang belakang dikosongkan. Sedangkan angka “1” (puluhan) disimpan.

Kemudian, lakukan hal yang sama dengan angka tempat puluhan dari 56, yaitu 5. Kalikan 3 dengan angka tempat puluhan dari angka yang atas 56 yaitu 5, sehingga menghasilkan 15 (3 x 5 =  15). Pada langkah ini masih belum selesai karena kita harus menambahkan dengan angka “1” (simpanan) dan hasilnya adalah 15 + 1 = 16 dan langsung ditulis di depan angka “8”. Dan hasil perkalian kedua yaitu 168.

Langkah terakhir, jumlahkan hasil perkalian keduanya. Tambahkan garis dengan tanda penjumlahan (+). Hal ini berarti bahwa kita harus menjumlahkan angka-angka pada dua baris di bawah garis perkalian. Kita memiliki angka 224 di atas dan 168 di bawah. Jumlahkan saja keduanya untuk mendapatkan jawabannya. 224 + 1680 (namun 0 tidak ditulis) sehingga cara menjumlahkannya dengan menurunkan angka satuan yang atas (hasil perkalian pertama) di bawah garis penjumlahan. Selanjutnya kita dapat melakukan operasi hitung penjumlahan seperti biasa. Dan hasil akhir dari 56 x 34 adalah 1904.

Berhitung itu tidak harus cepat-cepatan. Lakukan perlahan-lahan yang penting benar. Jika anak belum hafal perkalian, berikan kebebasan pada anak untuk melihat tabel perkalian. Dengan sering-sering melihat tabel maka lambat laun anak akan hafal perkalian dengan sendirinya. Apalagi jika anak sering-sering diajak berlatih dengan memberikannya soal perkalian, maka keterampilan anak akan semakin terasah. Jika anak sudah menguasai perkalian, maka dia akan semakin penasaran untuk mencoba perkalian 3 digit sampai 5 digit sekalipun dan itu merupakan sesuatu yang menyenangkan

Tags:

Leave a Reply