Materi Bilangan Pecahan dan Cara Menyusun Pecahan

Selamat datang di tempat belajar matematika online, Disini kami menyediakan materi pembelajaran matematika yang sedang teman teman cari lengkap dengan pembahasan contoh soal,Seperti artikel yang kami buat kali ini yaitu tentang Materi Bilangan Pecahan dan Cara Menyusun Pecahan yang kami susun secara lengkap dan juga jelas agar dapat membantu menyelesaikan masalah matematika yang sedang teman – teman hadapi. materi ini di berikann untuk jenjang pendidikan Kelas 4 SD. Tidak perlu begitu banyak berbasa basi mari kita simak Materi Bilangan Pecahan dan Cara Menyusun Pecahan selengkapnya di bawah ini.
images-20 Materi Bilangan Pecahan dan Cara Menyusun Pecahan
Sebelum itu apakah pecahan itu? Pecahan adalah beberapa bagian dari keseluruhan maksudnya bahwa pecahan terjadi karena satu benda menjadi beberapa bagian sama besar dan bagian itu memiliki nilai pecahan. Lihatlah gambar dibawah ini untuk lebih memahami.
Gambar diatas menunjukkan sebuah jeruk kemudian jeruk itu di bagi menjadi 2 bagian kemudian jeruk itu di bagikan kepada dua orang yang masing-masing mendapat 1/2 bagian dan 1/2 bagian dari gambar diatas kita dapat memahami bahwa pecahan merupakan suatu benda di bagi menjadi beberapa bagian yang sama besar sehingga itu disebut pecahan. selanjutnya mari kita belajar menulis letak bilangan pecahan pada garis bilangan dan membandingkan pecahan.

Menulis Letak Pecahan pada Garis Bilangan

Pada garis bilangan kita menuliskan bilangan cacah, manun bagaimana kalau kita menulis bilangan pecahan pada garis bilangan? Untuk menunjukkan letak bilangan pecahan, kita akan contohkan dengan bilangan 1/2 dan 1/4.
Mari kita lihat gambar garis bilangan antara bilangan 0 dan 1 kita bagi menjadi 2 bagian.
kita letakkan bilangan 1/2 diantara bilangan 0 dan 1, sehingga seperti gambar dibawah ini.
Jadi pecahan 1/2 berada di tengah bilangan 0 dan 1, dan angka 1 sama nilainya dengan 2/2.
Garis 0 dan 1 kita bagi menjadi 4 Kemudian untuk 1/4, kita urutkan bilangan dengan penyebut 4,
Lihat gambar berikut ini terlihat letak bilangannya, dan angka 1 sama dengan 4/4
Seperti disebut diatas Bilangan 1 dapat ditulis dalam bentuk pecahan dimana pembilang dan penyebutnya saya .

1= 1/1 = 2/2 = 3/3 = 4/4 = 5/5 dst..

Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan

Bilangan Pecahan memiliki nilai yang sama atau biasa disebut dengan pecahan senilai meskipun angka-angka tersebut ditulis secara berbeda. Untuk memahaminya mari kita perhatikan contoh berikut ini.
Bilangan pecahan 1/2 akan senilai dengan . . . . . . .
kita akan mencari bilangan-bilangan yang senilai dengan bilangan 1/2 dengan cara mengalikan kesemua bilangan dengan angka 1 dalam bentuk pecahan
1. 1/2 x 2/2  = 2/4
2. 1/2 x 3/3  = 3/6
3. 1/2 x 4/4  = 4/8
4. 1/2 x 5/5  = 5/10
Dst…
Jadi bilangan 1/2 sama nilainya dengan :  1/2 = 2/4 = 3/6 = 4/8 = 5/10
Untuk Membandingkan pecahan kita dapat lakukan dengan langkah sebagai berikut.
Jadi, 1/3 < 3/4  karena semakin kekanan nilainya akan semakin besar.
Kita dapat menggunakan cara lain yang lebih sederhana dan mudah dengan cara mengalikan silang pecahan. perhatikan!
Lihat angka yang dilingkari karena 4 lebih kecil dari 9 maka, 1/3 <  3/4
Setelah mengetahui membandingkan pecahan dan mengetahui pecahan yang lebih kecil dan lebih besar. sekarang kita akan belajar mengurutkan kelompok bilangan pecahan.
Urutkan pecahan 2/3, 3/4, 1/4, 1/2 dari yang terkecil
dari gambar diatas maka urutan kelompok bilangan dari yang terkecil adalah 1/4, 1/2, 2/3, 3/4 karna semakin kekanan nilainya semakin besar. Terlihat pada gambar.
Tags: