Pemahaman Bidang Kartesius dan Diagram Kartesius

Dalam hal materi himpunan, persamaan, dan fungsi garis lurus kita pasti akan mengenal “bidang atau diagram Cartesius”. Nah, ada yang tahu Apa itu bidang atau diagram Cartesius? Kalau tidak ada, ini dia Diagram Cartesius merupakan suatu sistem kordinat yang digunakan untuk meletakan atau menentukan titik pada penggambaran objek berdasarkan pemasukan nilai yang ada pada sumbu x dan nilai pada sumbu y dimana titik pertemuan tersebut nilai dari sumbu x dan sumbu y yang terdapat pada titik kordinat dibentuk”. Jadi, diagram Cartesius digunakan untuk menentukan dari tiap-tiap titik dalam bidang dengan menggunakan dua bilangan yang biasa disebut koordinat x dan koordinat y dari titik tersebut. Yang mana x disebut absis dan y disebut ordinat.

images-7 Pemahaman Bidang Kartesius dan Diagram Kartesius

Titik-titik pada koordinat Cartesius merupakan suatu pasangan titik pada sumbu-x dan sumbu-y (x, y). Yang mana x disebut absis dan y disebut ordinat. Garis yang berpotongan antara sumbu-x dan sumbu-y di titik 0 (nol) disebut pusat koordinatnya. Untuk pada bagian atas sumbu y mempunyai nilai positif, sedangkan pada bagian bawah sumbu y mempunyai nilai negatif. Begitu pula pada sebelah kanan sumbu x mempunyai nilai positif, sedangkan pada sebelah kiri sumbu x bernilai negatif. Silahkan lihat secara seksama gambar yang ada dibawah ini. images-7 Pemahaman Bidang Kartesius dan Diagram Kartesius

Pada gambar yang ada diatas tersebut dapat kita lihat bahwa terdapat sebuat titik di kordinatnya yaitu sumbu x pada posisi 1 dan sumbu y pada posisi 1 maka pada titik koordinat dalam bidang cartesius dapat kita tulis (2,3).

Contoh 1images-7 Pemahaman Bidang Kartesius dan Diagram Kartesius

Perhatikanlah diagram Cartesius pada gambar di atas tersebut. Pada warna ungu merupakan pusat koordinat yaitu titik (0,0) yang berarti sumbu x dan y bernilai nol. Untuk warna hijau, pada sumbu x mempunyai nilai 2 dan sumbu y mempunyai nilai 3 maka koordinat dalam bidang cartesius dapat ditulis (2,3). Untuk warna merah, pada sumbu x mempunyai nilai – 3 dan sumbu y mempunyai nilai 1 maka koordinat dalam bidang cartesius dapat ditulis (– 3, 1). Sedangkan pada warna biru, pada sumbu x mempunyai nilai – 3 dan sumbu y mempunyai nilai 1 maka koordinat dalam bidang cartesius dapat ditulis (–1.5 , –2.5).

Bagaimana sobat sudah paham? Kalau belum paham kita ke contoh 2. Coba perhatikan gambar yang ada dibawah ini.

Contoh 2images-7 Pemahaman Bidang Kartesius dan Diagram Kartesius

Perhatikanlah diagram Cartesius pada gambar tersebut. Pada titik A disumbu x mempunyai nilai 1 dan disumbu y mempunyai nilai 2 maka koordinat dalam bidang cartesius dapat ditulis (1,2). Pada titik B disumbu x mempunyai nilai 2 dan disumbu y mempunyai nilai 5 maka koordinat dalam bidang cartesius dapat ditulis (2,5). Sedangkan pada titik C disumbu x mempunyai nilai – 2 dan disumbu y mempunyai nilai 4 maka koordinat dalam bidang cartesius dapat ditulis (-2,4).

Nah, itu saja pembahasannya sobat bangkusekolah.com cukup sampai disini dulu sobat. Jika ada kesempatan lagi kita bahas materi-materi berikutnya. Mohon maaf jika ada penulisan kata-kata yang kurang berkenan dan perhitungannya. Terima kasih atas kunjungan para sobat.

Tags:

Leave a Reply