Penjabaran Tentang Trigonometri

Selamat datang di tempat belajar matematika online, Disini kami menyediakan materi pembelajaran matematika yang sedang teman teman cari lengkap dengan pembahasan contoh soal,Seperti artikal yang kami buat kali ini yaitu tentang ,.,,, yang kami susun secara lengkap dan juga jelas agar dapat membantu menyelesaikan masalah matematika yang sedang teman – teman hadapi. materi ini di berikann untuk jenjang pendidikan SMA Kelas 11 . Tidak perlu begitu banyak berbasa basi mari kita simak Penjabaran Tentang Trigonometri  selengkapnya di bawah ini.

images-6-1 Penjabaran Tentang Trigonometri

Trigonometri merupakan cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang garis dan sudut suatu segitiga.

Hubungan antara garis dan sudut ini lah yang akan menjadi fungsi-fungsi trigonometri.

Berikut ini adalah fungsi dasarnya (sinus, cosinus, tangen): images-6-1 Penjabaran Tentang Trigonometri

Pada segitiga ABC di samping, dengan panjang AB adalah q, BC = p, dan AC = r, serta sudut CAB = X, maka berlaku:

images-6-1 Penjabaran Tentang Trigonometri, images-6-1 Penjabaran Tentang Trigonometri, images-6-1 Penjabaran Tentang Trigonometri

Kemudian images-6-1 Penjabaran Tentang Trigonometri, images-6-1 Penjabaran Tentang Trigonometri, images-6-1 Penjabaran Tentang Trigonometri

Trigonometri Untuk Sudut Istimewa

images-6-1 Penjabaran Tentang TrigonometriPada sudut istimewa, yaitu images-6-1 Penjabaran Tentang Trigonometri dan kelipatannya, nilai sinus, cosinus, dan tangennya berupa bilangan sederhana, seperti pada tabel di samping.

Sedangkan nilai sec, cosec, dan cot dapat diperoleh dengan menggunakan hubungannya dengan sin, cos, dan tan di atas.

Nilai sin, cos, dan tan sudut istimewa ini harus hafal, karena akan selalu digunakan untuk materi lainnya seperti integral, limit, dll.

Contoh soal:

Pada segitiga siku-siku ABC dengan sisi miring BC dan sisi tegak AB, panjang BC = 5cm, dan panjang AB = 4cm, tentukanlah nilai dari cos C.

Jawaban:

Cos C = AC/BC. Panjang AB dan BC sudah diketahui, tetapi panjang AC belum harus kita cari terlebih dahulu.

Karena segitiga tersebut siku-siku, maka dapat digunakan dalil pythagoras, yaitu AC^2 = BC^2 – AB^2 = 5^2 – 4^2 = 9. Jadi panjang AC = 3cm

Oleh karena itu, images-6-1 Penjabaran Tentang Trigonometri

Note: Untuk sudut istimewa kelipatannya, seperti images-6-1 Penjabaran Tentang Trigonometri dan sebagainya, dapat diperoleh dengan menggunakan sifat jumlah dan selisih sudut.

Rate this article!
Tags: