Rangkuman Angka – Angka Romawi

Untuk yang kesekian kalinya kami hadirkan materi pelajaran matematika dalam bentuk penjelasan materi dan juga contoh soal serta pembahasan dari kami jagomatematika.info yang merupakan salah satu sarana pembelajaran online yang menyampaikan materi – materi yang bersangkutan dengan pelajaran matematika baik untuk tingkat pendidikan SD, SMP, Maupun SMA yang kami rangkum dengan jelas, Seperti dibawah ini yang kami bahas mengenai Rangkuman Angka – Angka Romawi yang kami harapkan akan membatu teman – teman dalam belajar matematika dan akan semakin jago matematika bersama jagomatematika.info.

images-21 Rangkuman Angka - Angka Romawi
Tidak banyak yang dapat kita temukan dalam kehudupan sehari-hari yang menggunakan bilangan romawi namun ada beberapa yang menggunakan bilangan romawi misalnya
1. Tono mendapatkan Ranking III
2. Pada Bab I kita mempelajari Operasi Hitung Bilangan.
3. Alamat Pak Ihsan di Jalan Mekar Jaya II
Nah coba kalian perhatikan penggunaan huruf-huruf pada kalimat diatas yang mana terdapat bilangan romawi yaitu : III , I, II  tentunya kalian cukup mengenal bilangan romawi atau mungkin kalian pernah melihat penggunaan bilangan romawi di tempat tinggal kalian. Coba kalian contohkan penggunaan penggunaan bilangan Romawi yang kalian ketahui.

Mengenal Lambang Bilangan Romawi

Secara umum lambang bilangan romawi terdiri dari 7 angka yang dilambangkan dengan huruf. Dibawah ini 7 Lambang bilangan dasar bilangan romawi yang harus kalian hafal
images-21 Rangkuman Angka - Angka Romawi
Untuk bilangan bilangan yang lain merupakan perpaduan dari lambang bilangan Dasar bilangan romawi.

Aturan Menulis Bilangan Romawi

Pada bilangan Romawi tidak ada bilangan 0 nol. Untuk menulis bilangan romawi kalian harus mengetahui dan menghafal bilangan dasar pada bilangan romawi. Setelah kalian hafal bilangan dasar bilangan romawi kalian harus mengetahui aturan-aturan menulis bilangan romawi. Untuk menyatakan bilangan Romawi ke bilangan Asli dapat kita pahami dengan contoh berikut.
1. Aturan Penambahan Bilangan Romawi
Jika lambang yang menyatakan angka lebih kecil di sebelah kanan maka untuk membaca bilangan romawi , dapat kita uraikan dalam bentuk penambahan seperti contoh berikut ini.
a. III = I + I + I
         = 1 + 1 + 1
         = 3
   Jadi , III adalah 3
b. VII = V+ I + I
          = 5 + 1 + 1
          = 7
    Jadi VII adalah 7
c. LXXVIII = L + X + X +  V + I + I + I
                    = 50 + 10 + 10 + 5 + 1 + 1 + 1
                    = 78
    Jadi, LXXVIII adalah 78
2. Aturan Pengurangan Bilangan Romawi
Jika lambang yang menyatakan angka lebih kecil di sebelah kiri maka untuk membaca bilangan romawi , dapat kita uraikan dalam bentuk pengurangan seperti contoh berikut ini.
a. IV = V – I
         = 5 – 1
         = 4
   Jadi, IV adalah 4
b. XL = L – X
          = 50 – 10
         =  40
    Jadi XL adalah 40
c. IX = X – I
         = 10 – 1
         = 9
   Jadi IX adalah 9
Dari contoh-contoh diatas dapat kita simpulkan aturan menulis bilangan romawi sebagai berikut.
  1. Lambang yang sama Hanya boleh berurutan 3 kali
  2. Jika Lambang yang menyatakan nilai lebih kecil di sebelah kanan lambang yang nilainya lebih besar berarti penjumlahan
  3. Jika Lambang yang menyetakan nilai lebih kecil di sebelah kiri lambang yang nilainya lebih besar berarti pengurangan.
  4. V dan X hanya dapat dikurangkan oleh I, dan L hanya dapat dikurangkan oleh X dan hanya satu lambang.

Menulis Bilangan Romawi

Setelah kita mengetahui aturan-aturan menulis lambang bilangan romawi. Sekarang kita akan menulis bilangan romawi dari bilangan asli yang di tentukan nilainya. Mari kita perhatikan contoh-contoh untuk lebih memahami  menulis bilangan romawi.
Contoh:
1. 29 = 20 + 9
         = (10 + 10 ) + ( 10-1)
         =  XX  + IX
         = XXIX
    Jadi, Lambang bilangan Romawi 29 adalah XXIX
2. 46 = 40 + 6
         = (50 – 10) + (5 +1)
         = XL + VI
         = XLVI
   Jadi, Lambang bilangan Romawi 46 adalah XLVI
Rate this article!
Tags:

Leave a Reply