Ukuran Penyebaran Data untuk SMP Kela 9

Artikal yang akan kita bahas kali ini masih dalam jangkauannya pada materi Statistika matematika,apa yang akan kita bahas kali ini? untuk adik – adik yang masih duduk di bangku kelas 9 SMP ini merupakan salah satu materi matematika yang harus kalian pelajari. Dalam pokok bahasan ini kita akan membahas mengenai jangkuan dan kwartil.

ukuran-penyebaran-data-300x212 Ukuran Penyebaran Data untuk SMP Kela 9

1. Jangkauan

Jangkauan  adalah selisih datum terbesar dengan datum terkecil. Jangkauan biasanya dilambangkan dengan huruf J. seperti halnya mencari median dalam sub pokok bahasan kedua, untuk mencari jangkauan suatu data kita juga diwajibkan ( kalo nggak dilakukan berarti dosa ^_^ ) untuk mengurutkan datanya terlebih dahulu.
langsung saja ke contoh soal mengenai jangkuan ya :
Tentukan jangkauan dari data berikut.

a.  26, 40, 18, 25, 16, 45, 30

b.  15, 15, 15, 15, 15

Jawab:

a. Urutkan data terlebih dahulu. 16, 18, 25, 26, 30, 40, 45 Datum terkecil  Datum terbesar J  = datum terbesar – datum terkecil   = 45 – 16 = 29 Jadi, jangkauan data tersebut adalah 29.

b. dari data kedua didapat jangkauannya NOL (0)? Coba kamu jelaskan alasannya. tulis di komen yah

2. Kuartil

Kuartil suatu data dapat diperoleh dengan membagi data terurut menjadi 4 bagian sama besar. Kuartil terdiri atas tiga macam, yaitu:
a. kuartil bawah
b. kuartil tengah/median
c. kuartil atas
Jika suatu data dilambangkan dengan garis lurus, letak kuartil bawah, kuartil tengah, dan kuartil atasnya adalah sebagai berikut
untuk lebih jelasnya mengenai kuartil silahkan perhatikan gambar ilustrasi berikut :

Tags:

Leave a Reply